SMK Taruna Penerbangan Medan

Rutinitas Lari Pagi Asrama SMK TTN

Hai hai hai, gimana kabarnya teman-teman? Semoga sehat terus ya. SMK TTN Medan, SMK berbasis taruna dan penerbangan di Medan mengingatkan kembali agar kita selalu menjaga kesehatan dengan cara menjaga kebersihan, jangan lupa cuci tangan, pakai masker, dan jangan lupa minum vitamin ya guys.

Ditengah wabah virus corona ini kita dituntut untuk memiliki system imun tubuh yang kuat, agar bisa menangkal segala penyakit. Selain memakan makanan makanan sehat dan bergizi ada satu hal yang terkadang kita lupa untuk menguatkan sistem imun tubuh, yaitu olahraga.

Para ahli telah membuktikan bahwa saat berolahraga, membuat aliran darah berjalan lebih lancar, dengan demikian organ tubuh yang menjadi pemacu  aliran darah keseluruh tubuh bertambah kuat. Kuatnya jantung membuat aliran darah juga berjalan lancar.

Orang yang tidak pernah melakukan olahraga akan sangat rentan untuk terkena penyakit, selain itu kekebalan tubuh orang yang sering melakukan olahraga akan terbentuk dengan sempurna sehingga bisa melindungi dirinya dari berbagai penyakit.

Di SMK Taruna Tekno Nusantara Medan, olahraga pagi menjadi kegiatan rutin oleh taruna dan taruni setiap minggunya karena SMK TTN tidak hanya fokus ke kemampuan intektual saja tapi juga agar mempunyai kesehatan prima mengingat sekolah ini berbasis smk taruna medan Tapi untuk sementara olahraga taruna dan taruni dilakukan di rumah untuk mendukung pemerintah dalam pelaksanaan Physical Distancing.

Selama wabah virus corona ini berlangsung kita di sarankan untuk olahraga dirumah, salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan dirumah adalah lari pagi. Sangat banyak manfaat lari pagi untuk kesehatan, berikut admin tuliskan beberapa manfaat lari pagi untuk kesehatan kita.

Meningkatkan Energi dan Stamina

Manfaat lari pagi yang pertama adalah meningkatkan energy dan stamina. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan, karena saat olahraga oksigen dan nutrisi mengalir ke paru-paru dan jantung. Hal ini dapat membantu meningkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina kita secara keseluruhan.

Meningkatkan Fokus

Kesulitan untuk fokus di pagi hari? Lari pagi dapat membantu Anda untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Sebuah penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga di pagi hari dapat meningkatkan perhatian, pembelajaran visual, dan juga pengambilan keputusan.

Menurunkan resiko kanker

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik seperti lari pagi dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker. Secara umum, aktivitas fisik rutin dapat menurunkan risiko kanker sebagai berikut:

  • Kanker esofagus 42%
  • Kanker hati 27%
  • Kanker paru-paru 26%
  • Kanker ginjal 23%
  • Kanker lambung 22%
  • Kanker darah myeloid leukemia 20%
  • Kanker kepala dan leher 15%
  • Kanker kandung kemih 13%
  • Kanker usus besar 13%

Menyehatkan Paru paru

Organ tubuh lainnya yang mendapatkan efek positif dari lari pagi secara rutin adalah paru-paru. Berlari dapat meningkatkan kapasitas daya tahan otot pernapasan, termasuk diafragma dan otot interkostal. Hal ini membuat kita dapat bernapas lebih dalam dan penuh serta lebih efisien ketika berlari. Manfaat lari pagi setiap hari adalah dapat menumbuhkan lebih banyak kapiler, sehingga kita bisa mendapatkan lebih banyak oksigen ke otot dengan lebih cepat.

Oke demikian artikel kali ini, tunggu artikel-artikel berikutnya,  Kalau menurut kamu artikel ini menarik dan informatif tolong di share yaa. See You…

Oh ya, bagi kamu yang mau mendaftar di SMK Unggul berbasis Taruna dan Penerbangan di kota Medan ini dapat mendaftarkan diri kamu di link di bawah ini: