Kisah Lulus Tes Pramugari Garuda

 
Berawal dari ketidaksengajaan, saya tidak terpikir untuk mencari pekerjaan karena saya belum lulus kuliah. Namun saat itu, saya mengantarkan salah satu kakak tingkat saya mengunjungi salah satu job fair di Bandung. Ada berbagai macam perusahaan, termasuk beberapa airline terkemuka di Indonesia. Saya iseng apply di Air Asia sebagai reception,tidak pernah terpikir oleh saya untuk melamar sebagai FA.

Sesampainya dikosan, saya menerima sms dari Air Asia untuk interview. Dan saya datang lagi esoknya ke tempat job fair kemarin karena interview langsung diadakan di tempat job fair tersebut. Interview tersebut FULL ENGLISH. Kemudian sang interviewer bertanya kepada saya kenapa saya melamar sebagai reception? Trs saya bilang karena saya pernah trainee sbg reception juga. Dan saya tidak melamar posisi lain karena status saya belum lulus kuliah. Lalu Dia bertanya kembali, kenapa tidak menjadi pramugari? Lalu saya terdiam, saya bilang mata saya minus dan silindris. Lalu Dia bilang, ngga apa2 ko, selain air asia, garuda juga sedang membuka rekrutment FA. Cukup lama saya di interview. Dan saya masih belum kepikiran buat jadi FA. Setelah selesai lalu saya keluar. Kemudian saya berjalan mengelilingi stand2 di job fair tersebut, dan saya melihat stand garuda indonesia. Saya masuk ke stand tersebut, ada mbak2 cantik (saya ga liat name tag nya) memberikan brosur kepada saya. Kemudian Dia menyuruh saya untuk mengukur tinggi badan dan berat badan saya. Saat itu TB saya 162 cm BB 55kg. Lalu Mba tersebut menyuruh saya untuk datang tanggal 7 juni atau 8 juni 2012 ke gedung garuda yang di Bandung. Kemudian saya mengangguk.
Tanggal 7 juni saya datang pukul 12.00 WIB karena dalam brosur tertera pukul 9-12 dan saya datang tepat pukul 12
Ternyata sudah ada beratus-ratus wanita cantik disana sedang mengantri. WOW. Saya dianter pacar saya, sempet bilang mau pulang aja soalnya cantik2 banget yang pada dateng. Tapi pacar saya bilang, sudah sampai, kenapa mundur? Ok, akhirnya saya mengikuti test pertama di garuda. No absen saya waktu itu adalah 300an (lupa). Kebayang kan saya dapat giliran jam berapa. YUP, saya dapat giliran pukul 15.30 (FIUH) :
1 . Test Penampilan
Oke, disini sistem gugur. TB tidak sesuai dengan persyaratan (min 158cm) langsung gugur. Tinggi badan saya 162cm dan BB 55cm saat itu. Maka saya lanjut dengan test berjalan. Test jalan ini hanya sebentar, kita hanya perlu berjalan beberapa langkah bolak- balik. Namun, dibalik itu semua, ternyata cara jalan kita menentukan bagaimana kepribadian kita. Jadi usahakan kalian jalan dengan tersenyum, PD dan ber-attitude. Setelah itu tangan, jari, dan kuku kita pun diperiksa pada  test ini.
Lucunya, pas test pertama ini. Ada dua penilai yaitu lelaki dan perempuan. Penilai lelaki mengatakan kalau saya “overweight”. Dan itu “JLEB” banget. Tapi saya berusaha santai dan tetap ramah (stay cool. hahaha) . Dan beliau bertanya, nanti kalo masuk test selanjutnya, harus turunin 5 kg yah. “JLEB” lagi. Saya langsung menjawab “Baik pak. Mudah2an saya bisa menurunkan berat badan saya”. Saya berusaha menjawab dengan sopan.Si Bapak tersebut, lalu menanyakan hal-hal ringan seperti domisili dimana, dan lain-lain. Dan beliau mengatakan pengumumannya lusa sudah di tempel disini.
Singkat saja obrolannya. Dan ga perlu gugup jawabnya. Namun ucapan mengenai “overweight” itu terus terngiang di pikiran saya. Dan saya langsung beranggapan saya tidak lolos. Dan pada saat hari pengumuman, saya bahkan tidak mengecek saya lolos atau tidak. Namun, percaya atau tidak, saya mendapat sms dari garuda bahwa saya lolos test 1 dan lanjut test ke 2 dan ditunggu kehadirannya di kantor garuda untuk mengambil kartu peserta.
Test kedua diadakan di Hotel Preanger. Ternyata masih sangat banyak yang lolos.
2. Psikotest dan Test B.Inggris tertulis
Test nya memakan waktu cukup lama. Sekitar 3-4jam. Psikotest nya ada beberapa macam layaknya psikotest pada umumnya (asli pegel banget tangan) untuk b.inggris. bukan TOEFL atau TOEIC atau IELTS. Ngga susah, Cuma grammer biasa. Pengumuman lolos nya harus menunggu sekitar 2 jam. Akhirnya saya bersama teman2 sesama pejuang disini (baru kenalan) memutuskan untuk makan di braga (tidak jauh dari Preanger). Setelah waktunya, saya dan yang lainnya berkumpul di ruangan tempat test tadi. Menanti pengumuman tersebut. Entah ga PD atau gimana, saya langsung sms pacar saya untuk jemput, dan bilang kayaknya ga lolos. Jemput aja. Dan tibalah saatnya pengumuman terpampang di LCD depan. Disitu tertera nama2 yang lolos. Saya yang duduk paling belakang, tidak dapat melihat dengan jelas (karena mata saya minus tentunya) namun beberapa saat kemudian tim rekrutmen garuda langsung memanggil nama2 yang lolos dengan mic. Dan ternyata saya LOLOS 😀 (sekitar 80 org lolos). yang tidak lolos langsung keluar ruangan dan yang lolos tetap di ruangan tersebut untuk mengisi riwayat hidup dan lain-lain. Dan langsung di umumkan tanggal test selanjutnya. Pacar saya ternyata sudah sampai, dan saya bilang ternyata aku lolos, tunggu yah (Peace). Untuk test selanjutnya yaitu interview kompetensi, ini terbagi jadi beberapa hari, ada juga yg kebagian langsung hari itu juga. Tapi untung saya ga kebagian hari itu, tapi hari selanjutnya. Kasian pacar saya nungguin. hehehe :p.
3 Interview kompetensi
Masih di hotel yang sama, makin berkurang jumlang pejuang pramugarinya. Tibalah saya interview FACE to FACE. Tegang, Cuma berdua aja diruangan. Pertanyaan nya sih lebih ke diri kita, keluarga dll. Jadi ngga perlu ngapalin apa2 ko. Tinggal jawab jujur aja. Hehehe. Pengumumannya nanti di sms. Dan beberapa hari kemudian saya di sms untuk interview selanjutnnya. (alhamdulillah )
4. Interview User
Interview kali ini ngga terlalu tegang. Soalnya di ruang interview kita masih bisa liat temen kita yang interview juga (walaupun tetap interviewnya masing2) tapi suasananya cair. Disini ditanya nya macem2 . Pake B.inggris dan boleh campur B.indonesia juga. Ditanya nama airport juga atau pengetahuan umum gitu. Ada yang ditanya hal lain juga. Santai ko
Seminggu kemudian Ternyata dapet sms untuk lanjut medical check up
 
 
5. medical check up
Yang diperiksa itu jantung, trus di rontgen, telinga, gigi, mata, keseimbangan, darah, sama urine kita. Saya medical check up di PRAMITA bandung. 2 hari untuk medical check up. Biasanya kita di suruh untuk puasa dulu 8 jam. Sedikit tips untuk medical check up. Banyak minum air kelapa, sama susu bear brand. Asli ngaruh J . terus untuk mata ternyata silindris saya 1.25 (naik dong). Aduh udah hopeless banget. Untuk gigi, kebetulan gigi aku emang ada yg bolong 2.
Lumayan agak lama nunggu pengumuman ini. Sempet hopeless juga soalnya gigi ada yang berlubang, sama mata silindrisnya naik. Namun ga disangka-sangka, ternyata lolos. Tapi sambil test2 garuda ini, saya juga dalam tahap finishing skripsi saya. Dan alhamdulillah akhir juni saya sudah menyandang gelar S.Par dibelakang nama saya (Thanks God). Dan 2 test terakhir yaitu background check dan pantuhir akan di laksanakan di Jakarta. Lumayan agak lama nunggunya karena kepotong ramadhan dan idul fitri. Jadi test tersebut baru akan dilaksanakan 10 September 2012. Deg2an campur aduk. Ga tau gimana ntar testnya. Mudah2an bisa ya J
 
Oke, akhirnya datang juga 11 Sept. Saya diantar oleh pihak garuda untuk ke jakarta bersama rekan2 lainnya dari bandung. Ada 24 orang saat itu. Lalu tibalah saat test ke 6 yaitu ASKAM
6. Askam / Background Check
Disini kalian harus menuliskan latar belakang keluarga sampai nenek kakek pun ada. Dan ada wawancara juga mengenai latar belakang tersebut dan pengetahuan mengenai NKRI. Jadi harus rajin2 belajar PKn lagi yaaa 😀
Dan saya lolos tahap ini. Keesokan harinya saya mencapai test akhir atau disebut PANTUHIR.
 
7. PANTUHIR
Sumpah deg2an banget. Soalnya disini kita bakal dilihat sama beberapa direksi (penampilan yang utama). Jadi kalian harus dandan sekece-kece nya yah disini. Senyum, badan tegak, plus agak dilatih B.Inggrisnya. Soalnya kadang ditanya pake B.inggris. Tapi gpp ko kalo ga lancar. Yang penting senyum. Disini saya ga bisa kasih patokan yang seperti apa yang akan lolos. Karena semua ada di tangan direksi. Kalo direksi suka, ya lolos. Kalo direksi ngga milih kamu, berarti Tuhan punya rencana lain yang lebih indah dari ini. Dan sekarang, alhamdulillah, saya sudah mulai training di GA. Terimakasih untuk orang2 terdekat saya. Untuk semua orang, harus yakin dengan kemampuan diri sendiri. Usaha dan jangan lupa berdoa.
 
Sumber: http://cinerism.blogspot.com

Incoming search terms:

  • tes pramugari garuda
  • tes pramugari
  • Sekolah pramugari di medan
  • test pramugari
  • tes pramugari garuda indonesia
  • kisah pramugari garuda
  • cerita pramugari garuda indonesia